Liburan ke luar negeri pastinya jadi dambaan semua orang. Sayangnya, traveling itu bukanlah hal yang murah  apalagi kalau tujuannya ke luar negeri.

Eits, jangan berkecil hati dulu Kawan Muda! Kamu bisa kok mewujudkan mimpi liburan ke luar negeri tanpa perlu khawatir dengan anggaran yang besar.

Ada beberapa negara yang ramah dengan kantong wisatawan; dari backpacker-an hingga wisata “cantik” bisa kamu lakukan di sana. Pertimbangan uang transportasi (saat keberangkatan dan wisata di sana), harga penginapan, dan biaya hidup selama berlibur, membuat negara-negara ini  direkomendasikan untuk wisatawan yang memiliki budget ketat.

Kira-kira negara mana sajakah itu? Daripada kamu makin penasaran, Kita Muda kasih daftarnya di bawah ini.

1. Thailand

via: cornerbistrochiangmai.com

Memang sih, nggak semua tempat di  Negeri Gajah Putih ini murah. Tapi kalau tahu triknya, kamu bisa menikmati liburan yang murah banget! Biar nggak terjebak di tempat-tempat mahal, jangan kunjungi wilayah Phuket, Koh Samui, atau daerah-daerah pantai yang sudah dikomersilkan. Kamu bisa berkunjung ke utara atau ke daerah Chiang Mai karena wilayah tersebut sangat ramah backpacker.

Penginapan untuk backpacker di Chiang Mai bisa kamu dapatkan dengan harga mulai IDR 70ribu. Kalau punya budget lebih dan ingin tidur di hotel yang nyaman (plus ada kolam renangnya), kamu bisa menyewanya dengan harga mulai IDR 400ribu! Soal destinasi wisata juga nggak perlu khawatir. Kamu bisa berkunjung ke vihara Buddha dengan pemandangan menakjubkan, mengunjungi kota tuanya Chiang Mai di Old City Quarter, mengunjungi suku pedalaman Thailand yang punya leher panjang hingga wisata malam di Chiang Mai Night Market.

2. Kamboja

via: tednguyenusa.com

Wilayahnya masih dekat dengan Thailand dan sama-sama sedang digandrungi wisatawan. Kamboja menawarkan akomodasi dan makanan yang cukup murah bagi backpacker. Penginapan untuk backpacker ditawarkan dengan harga mulai IDR 50ribu! Wow, lebih murah dari Thailand! Sekali makan kamu cukup mengeluarkan sekitar IDR 13—15ribu saja.

Nah, kalau berlibur ke Kamboja kamu bisa mengunjungi Angkor Wat yang terkenal itu. Kamu juga bisa wisata di Battambang (semacam Chiang Mai-nya Kamboja) atau mencoba keliling Kota Pnom Penh dengan naik tuk-tuk (semacam bajaj atau bemo-nya Kamboja, hehe).

3. Vietnam

via: nationaltimes.vn

Masih di daratan Asia Tenggara, Vietnam belakangan juga diidolakan banyak backpacker karena pemandangan yang indah dan harga yang murah. Pemerintah setempat memiliki regulasi untuk nggak mematok tarif yang mahal untuk makanan lokal, penginapan, maupun destinasi wisata.

Penginapan di Vietnam bisa kamu dapatkan dengan harga mulai IDR 70ribu/orang. Untuk makanan, beli saja makanan lokal di sepanjang jalan dengan harga IDR 20ribu/orang sekali makan. Tempat wisata yang bisa kamu kunjungi antara lain Ha Long Bay, Bai Tu Long Bay (lebih sepi dari Ha Long Bay), Terowongan Cu Chi, dsb. Kalau mau dapat harga murah masuk tempat wisata, mending kamu beli tiket di tempat saja ya!

4. Nepal

via: indietraveller.co

Mau backpacker-an dengan budget ketat tapi seru? Ya Nepal pilihannya. Wilayah ini memang jadi tujuan para backpacker karena terkenal murah (Kota Pokhara lebih murah dari Chiang Mai), tapi destinasi wisatanya luar biasa. Pasca gempa tahun 2015 lalu, Nepal sekarang sudah mulai berbenah dan tempat wisata sudah dibuka kembali kok.

Liburan ke Nepal nggak harus wisata trekking di Annapura saja, kamu bisa menikmati tur kota-kota utama di Nepal seperti Pokhara, yang tenang tapi punya pemandangan luar biasa. Atau mengunjungi bangunan khas peninggalan masa lalu, Durbar Square, di Kathmandu.

5. Maroko

via: indietraveller.co

Kalau mau liburan ke Maroko nih, kita nggak perlu bingung mikir bikin visa, kenapa? Karena  ada kesepakatan antara Presiden Sukarno dan Raja Muhammad V untuk memperlakukan orang Indonesia layaknya di rumah sendiri saat ke sana. Nah, keistimewaan ini berlaku sampai 90 hari, lumayan kan?

Soal akomodasi di Maroko kamu nggak perlu khawatir, terdapat hostel-hostel murah yang harganya bisa bikin backpacker bahagia. Soal destinasi wisata juga jangan ditanya, Maroko punya tempat wisata yang keren seperti Gurun Sahara, Kasbah Eit Beb Haddou (desa kuno bangsa Maroko), pasar tua Djemma El Fna di Marakesh, dan masih banyak yang lainnya.

6. Meksiko

via: huffingtonpost.com

Ingin liburan ke Benua Amerika, bisa lihat destinasi wisata keren yang ada di sana, tapi harganya murah? Kamu bisa mengunjungi negara-negara di Amerika Tengah atau Amerika Latin, salah satunya Meksiko. Negara ini menjadi surga bagi para backpacker karena  menghabiskan IDR 300ribu/hari bukanlah hal yang mustahil.

Rata-rata penginapan untuk backpacker disewakan dengan harga IDR 95ribu/malam. Di sepanjang jalan kamu akan menemui pedagang kaki lima atau toko yang menjajakan taco, tortilla, dan aneka makanan khas Mexico lainnya dengan harga yang murah. Nah, kalau kamu berlibur dengan budget yang minim, jangan berkunjung ke pantai-pantai populer seperti Cancun atau Cabo.

7. Hongaria

via: budapest-tours.hu

Oke, mungkin jika dibandingkan dengan negara-negara di Asia dan Amerika Latin, Hongaria nggak bisa dibilang murah. Tapi, kalau kamu ingin liburan ke Eropa dan menikmati indahnya Eropa dengan budget yang pas-pas-an, Hongaria bisa menjadi pilihan.

Ibu kota Hongaria, Budapest, menjadi favorit wisatawan muda dan backpacker dunia. Budapest adalah salah satu kota terindah di Eropa dengan pemandangan kota yang khas di sepanjang Sungai Danube, bangunan megah bersejarah, dan pemandian air panas yang terkenal.

Facebook Comments